SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kabupaten kembali mendapatkan bantuan rumah layak huni dari Kementerian sosial sebanyak 55 unit untuk tahun 2016 mendatang. Tahun 2015 juga mendapatkan sebanyak 55 unit seharga Rp975 juta.


Hal itu diungkapkan Kabid Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kepulauan Meranti, Mahadi, Selasa (7/7/2015). Kata Mahadi, bantuan yang disalurkan pusat itu merupakan hasil koordinasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Kementerian sosial.
Dijelaskan Mahadi, bantuan RLH untuk tahun 2016 mendatang sebanyak 55 unit untuk dua desa yaitu Desa Ketapang Permai dan Desa Baran Melintang di Kecamatan Pulau Merbau. Namun sebelum itu terlebih dahulu akan dilakukan survei oleh tim survei KAT UNRI.
Dijelaskannya lagi, survei tersebut meliputi tiga tahap, yaitu meliputi akses jalan, kondisi rumah, dan komunikasi dengan dunia luar. Sedangkan tahap dua dan tiga hanya meliputi kondisi rumah dan tingkat kemiskinannya.
"Survei yang akan dilakukan meliputi beberapa tahap. Namun hasil survei yang akan diprioritaskan adalah survei tahap satu. Jika jumlah rumah tidak mencukupi 55 unit, maka akan dialihkan ke tempat lain," kata Mahadi.
Dapat disampaikan pula, sebelumnya Kabupaten Kepulauan Meranti juga mendapat bantuan RLH sebanyak 55 Unit senilai Rp975 juta, 6 unit MCK senilai Rp180 juta, pembangunan sumber air bersih 2 unit sebesar Rp50 juta. Selain itu masing masing keluarga diberikan bantuan uang tunai sebesar Rp10 juta dengan nilai total sebesar Rp1,7 miliar lebih yang diserahkan langsung oleh Direktorat Pemberdayaan KAT Kementerian RI beberapa waktu lalu.(zal)