SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kepulauan Meranti kehilangan maestro gambus Tengku Hasan yang dulu pernah nampil sampai ke Benua Eropa. Tengku Hasan menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 30 Agustus 2015 lalu di kediamannya Selatpanjang.


Berkat kepiawaiannya memetik senar gambus itu, anak ke 8 dari 12 bersaudara ini pernah nampil sampai ke Benua Eropa. Waktu itu sekitar tahun 1974, Tengku Hasan nampil di Belanda dan Prancis.
Tokoh masyarakat Kepulauan Meranti yang juga Sekretaris Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Ismail Arsyad MSi menyampaikan rasa kehilangan itu. Ismail mengatakan bahwa Kepulauan Meranti khususnya Propinsi Riau sangat kehilangan sosok pemain alat musik tradisional yang melegendaris.
Karena, tambah H Ismail, Tengku Hasan (Alm) dikenal sebagai sosok yang telah mengharumkan nama Selatpanjang dan Riau di kancah nasional maupun internasional.
"Kita merasa sangat kehilangan terhadap sosok Tengku Hasan yang telah pergi mendahului kita," kata H Ismail.
Namun, disampaikan H Ismail pula, karya-karya mendiang T Hasan tidak akan pernah hilang dimakan masa. "Dia merupakan salah satu putra terbaik yang telah mengharumkan nama daerah pada masa lalu lewat karya musiknya," kata Ismail.(zal)