PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Sebagai salah satu aspek penting pembangunan pendidikan harus dikenalkan kepada setiap insan generasi penerus bangsa sejak dini agar mereka bisa terus berkembang dan memajukan dunia pendidikan. Tekad tersebut pun ditunjukkan oleh salah satu siswa berprestasi Sekolah Mutiara Harapan (SMH), Hagan Hototo Barus dalam acara Malam Penganugerahan  Siswa dan Guru berprestasi Sekolah Global Andalan, Sekolah Taruna Andalan dan Sekolah Mutiara Harapan (SMH) di Aula Food Court, Kompleks Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kamis (27/8) malam.

Siswa berkacamata itu terpilih menjadi salah satu siswa berprestasi yang diberikan oleh Yayasan Kerinci Citra Kasih dalam acara Malam Penganugerahan siswa dan guru berprestasi Sekolah Global Andalan, Sekolah Taruna Andalan dan Sekolah Mutiara Harapan (SMH).

''Prestasi yang saya raih tidak lepas dari dukungan manajemen perusahaan yang selalu memberikan apa yang dibutuhkan siswa dibawah pimpinan YKCK. Saya mengucapkan terima kasih kepada RAPP atas semua itu. Saya ingin terus berprestasi hingga tingkat nasional dan mendapatkan medali di bidang matematika. Saya ingin menjadi seperti itu sehingga saya bisa mewujudkan cita-cita saya untuk melanjutkan kuliah ke universitas unggulan di Australia,'' ujar siswa yang pernah meraih juara Lomba matematika dan fisika se-provinsi Riau itu.

Putra dari Nova Barus dan Erni Irianti itu pun berbagi tips kepada ratusan rekan-rekan sekolahnya yang hadir agar mereka bisa menjadi siswa berprestasi seperti dirinya. Menurutnya, kunci kesuksesan yang diraihnya tidak lepas dari doa dan usaha.

Sementara itu, salah satu guru YKCK yang juga mendapatkan penghargaan adalah Edi Agus Pitoyo. Guru Komputer di SMA Plus Taruna Andalan itu mengaku sangat senang bisa berkontribusi baik untuk sekolah. Peraih juara III Desain Blog Tingkat Propinsi Riau itu pun berharap prestasi yang dia raih bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswinya.

''Saya berharap prestasi yang diraih para siswa dan guru bisa membuat kita semua saling mendukung satu sama lain untuk menjadi lebih baik demi menggapai prestasi yang lebih gemilang,'' ungkap guru yang juga Wakil Kepala Sekolah SMA Plus Taruna Andalan itu.

Board of Adviser, A.J Devanesan, mengungkapkan dirinya sangat bangga dengan prestasi-prestasi yang diraih para murid dan guru. ''Saya sangat bangga dengan para murid. Saya harap pretasi yang diraih bisa bermanfaat dan diaplikasikan jika nantinya mereka bekerja di perusahaan. Dengan dukungan perusahaan, anak-anak bisa tumbuh dan bisa belajar,'' ujar Devanesan.

Dia pun memberikan pesan kepada para siswa dan guru berprestasi untuk senantiasa bersikap positif sehingga bisa menunjang prestasi yang diraih.

''Selain belajar dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, sikap positif juga perlu ditunjukkan oleh mereka yang berprestasi. Jangan lupa juga untuk menikmati kehidupan selain belajar. Enjoy your life,'' ungkapnya.

Penganugerahan siswa dan guru berprestasi ini diberikan kepada123 orang siswa dan guru yang berprestasi di tingkat propinsi dan nasional. Acara ini dihadiri juga oleh President of APRIL, Praveen Singhavi, guru-guru sekolah Yayasan Kerinci Citra Kasih dan para orang tua. Acara ini dihiasi oleh berbagai penampilan murid yang unjuk kebolehan mereka seperti menari dan bernyanyi.

''Acara ini dibuat sebagai usaha dari sekolah untuk meningkatkan prestasi para siswa dan memotivasi mereka untuk meraih prestasi yang lebih baik di masa depan. Sekolah Global estate Pelalawan juga telah meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat propinsi dan September kita menuju Adiwiyata tingkat nasional,'' ucap Ketua Yayasan Kerinci Citra Kasih, Jansen Yudianto. ***