BENGKALIS, GORIAU.COM - Listrik di Pulau Bengkalis mati total sejak Rabu (4/3/2015) malam sekitar pukul 21.10 WIB sampai Kamis (5/3/2015) sore ini belum ada tanda-tanda akan hidup kembali. Penyebab matinya listrik di Pulau Bengkalis karena terjadinya kerusakan pada jaringan induk dari pembangkit di Pangkalan Batang ke Jalan Hang Tuah.

Selain itu, juga terjadi kerusakan pada jaringan induk (sentral) yang posisinya di bawah tanah di area pembangkit listrik tenaga diesel di Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis.

Ini sudah yang ketiga kalinya kejadian serupa. Hanya saja bedanya lokasi kejadian, yakni kabel bawah tanah di Jalan Hang Tuah yang putus.

Menurut Manajer PLN Rayon Bengkalis, Andhy Prastiawan, Kamis (5/3), matinya listrik di Pulau Bengkalis bukan karena kerusakan mesin, tapi karena kerusakan jaringan induk.

"Sejak tadi malam hingga Kamis pukul 04.00 WIB dini hari, petugas kita terus bekerja dan baru ditemukanpenyebab listrik padam total dan ternyata akibat terjadi kerusakan pada jaringan," terang Andhy.

Kendati sudah diketahui penyebab mati totalnya listrik, bukan serta merta dapat diatasi. PLN Rayon Bengkalis tidak memiliki teknisi dan harus didatangkan dari Cabang Dumai.

"Kita perkirakan siang ini teknisi dari Dumai sampai dengan membawa peralatan material tambahan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Kita kita perkirakan malam nanti listrik baru hidup kembali," jelasnya.(jfk)