DUMAI, GORIAU.COM - Di Hari Kartini ini, Ketua GOW Kota Dumai, Hj Onny Chairunisya Widayat berharap, dapat bersama - sama dengan Pemerintah dan semua unsur agar bisa meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) Kota Dumai, khususnya untuk para kaum hawa.

''Harapan kita, di Hari Kartini ini, mari bersama kita meningkatkan SDM Wanita di kota Dumai, sehingga bisa sejajar dengan pria, tanpa menghilangkan kodratnya sebagai wanita,'' tegas Hj Onny, Senin (21/4/2014).

Dikatakan, GOW Dumai selain menyerahkan bantuan berupa Sembako kepada Ibu pekerja, pada hari Kartini ini (Senin,red) GOW juga melaksanakan acara hiburan berupa seni dan budaya yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Dumai.

''Sebelum menyerahkan sembako, pada hari ini juga (Senin,red) kita telah mengadakan kegiatan Hiburan berupa Seni dan Budaya. Dimana para pelaku hiburannya diisi oleh para kaum Ibu dari berbagai organisasi wanita yang ada di kota Dumai,'' sebutnya.

Ditambahkan Istri Wakil Walikota Dumai itu, jika tidak ada halangan dan kendala, untuk lebih memeriahkan Hari Kartini di tahun 2014 ini, besok (Selasa, 22/04) GOW juga akan melaksanakan berbagai macam lomba/pertandingan, seperti Tarik Tambang, Bola Volly dan lainnya, khusus untuk kaum Hawa.

Boleh Bekerja dan Berkarier, tapi Ingat Kita Wanita

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Nefi Agustina Khairul berpesan kepada seluruh kader Tim Penggerak PKK dan juga kepada seluruh kaum Hawa di Kota Pengantin Berseri ini, jangan pernah tinggalkan kodrat sebagai Ibu.

''Untuk ibu - ibu kader dan ibu - ibu lainnya, saya berpesan teruslah bekerja, bekerja dan bekerja untuk anak-anak kita serta membantu Suami demi memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Wanita boleh Bekerja dan Berkarier, tapi, perlu di ingat, Jangan Tinggalkan Kodrat Kita Sebagai Wanita, agar rumah tangga kita aman, tentram dan damai, sesuai dengan harapan semua Ibu,” pesannya.

Hj Nefi juga mengakui, bahwasanya tidak sedikit dari kaum hawa yang saat ini bekerja dan berkarier, baik dengan jabatan di level atas maupun bawah. Tapi, semua itu dilakukan atas dasar ingin membantu perekonomian keluarga dan untuk masa depan putra - putrinya.

''Jika Wanita itu mengetahui penghasilan suami belum mampu mencukupi kebutuhan rumah tangganya, biasanya seorang wanita akan giat bekerja, dengan tujuan membantu ekonomi keluarga dan untuk masa depan anak -anaknya agar kedepannya lebih baik lagi,'' sebutnya.

Saat ditanya apa yang telah dilakukan PKK di Hari Kartini ataupun untuk membantu para Kaum Hawa di Dumai, Istri Walikota Dumai itu menyatakan, dalam rangka Hari Kartini ini PKK tidak ada membuat kegiatan. ''Insya Allah di Bulan Mei 2014 ini, PKK akan bekerjasama dengan Disnakertrans Dumai melaksanakan kegiatan pelatihan Bordir dan Menjahit untuk para ibu serta anak - anak perempuan putus sekolah. Masing - masing Kecamatan se-Kota Dumai nanti akan mengutus 2 pesertanya,” ungkapnya.

Tak lupa, Hj Nefi mengucapkan Selamat Hari Kartini, sukses selalu dan menjadi ibu yang tegar untuk memebantu Suami dan anak-anaknya.

Hadir Ibu – Ibu Kartini Baru

Sementara itu, Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Dumai Hj Syarifah Rafida Mustafa berharap, di Hari Kartini ini, di Kota Dumai akan timbul ibu-ibu Kartini yang baru yang bisa membawa kota Dumai ke arah yang lebih baik lagi dan berjaya.

Wanita, kata Istri Sekda Dumai ini, disamping sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) dan Wanita karier, yang terpenting ialah jangan sampai melalaikan tugas sebagai IRT dan sebagai wanita karier tetap exist, agar dapat membina putra-putrinya menjadi anak yang berhasil dan berguna bai orang tua, bangsa dan negara.

''Intinya, berhasil atau tidaknya anak, tergantung dari ibu itu sendiri. Dan walaupun sebagai wanita Karier, jangan melupakan tugas dan kewajiban serta kodrat sebagai seorang ibu,” pesannya. (dcp)