PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Potensi Danau Tajwid yang berada di Kecamatan Langgam tengah akan dieksplore oleh Pemkab Pelalawan. Sebagai wisata alam, Danau Tajwid memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata.

Disampaikan Kepala Dinas Budaya, Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Pelalawan, H Zulkifli, Jumat (24/10/2014), pembuatan masterplan untuk pengembangan Danau Tajwid menjadi wisata alam alternatif di daerah ini tengah dilakukan.

"Masterplan Danau Tajwid sedang kita buat. Jadi nantinya, di danau tersebut akan kita buat zona-zona, namun tanpa merusak keaslian lingkungan danau tersebut," terangnya.

Zulkifli menjelaskan, dalam zona-zona di masterplan yang tengah dikerjakan oleh pihaknya itu, nantinya akan ada zona untuk perikanan, pertanian juga kehutanan.

Untuk perikanan, selama ini Danau Tajwid memiliki potensi untuk hal itu. Bahkan sampai saat ini, Danau Tajwid menjadi salah satu tempat mencari ikan yang dikelola secara adat.

"Jadi selama ini, Danau Tajwid menjadi salah satu sumber mata pencarian masyarakat untuk mencari ikan. Sistem pengelolaannya dengan pelelangan setiap tahunnya. Hasil pelelangan itu kemudian digunakan untuk membayar guru ngaji serta membangun fasilitas umum, seperti MDA dan Masjid di daerah setempat," katanya.

Nantinya, sambung Zulkifli, jika Pemkab Pelalawan sudah mengelola, konsep seperti itu tak akan dikutak-katik oleh Pemkab Pelalawan. Bahkan Pemkab bisa saja akan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu daya tarik dari keunikan Danau Tajwid selain keasrian alam di lokasi itu.

"Jadi bisa saja Pemkab Pelalawan menjadikan Danau Tajwid menjadi desa adat, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa," tukasnya.(***)