PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Meski saat ini telah memasuki musim penghujan, proyek pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PLUT-KUKM) di Kabupaten Pelalawan terus digesa.

"Kita mensiasatinya dengan banyak mempekerjakan tukang, karena gedung PLUT-KUKM ini harus selesai akhir tahun ini,"terang Kadiskop Pelalawan, Dr Milyono M.Kes, Jumat (29/8/2014).

Disebutkan Milyono, proyek pembangunan gedung PLUT-KUKM bersumber dari APBN senilai Rp.3 M ini harus selesai tepat waktu yakni pada tanggal 16 Desember mendatang.

Seperti dikatakan Staff Ahli Menteri saat meninjau proyek tersebut meminta agar Diskop Pelalawan benar-benar memaksimalkan keberadaan gedung sesuai fungsi dan tujuannya.

Dikatakannya juga, Kementerian Koperasi dan KUKM sudah siap membacking dengan memberikan dana Rp 500 juta lagi tiap tahunnya dari APBN, untuk biaya operasional gedung tersebut.

"Untuk biaya listrik, konsultan, perawatan dan operasional lainnya sudah ditanggung oleh APBN,"katanya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Kementerian Koperasi dan KUKM juga akan memberikan akses permodalan, pelatihan serta seminar-seminar lainnya terkait pengembangan UMKM di daerah ini.

"Apalagi saat ini jumlah KUKM di Pelalawan mencapai 4300 KUKM. Perbandingannya masih 1 persen dari jumlah penduduk. KUKM dikatakan berkembang bila mencapai 2 persen dari jumlah penduduk. Ini yang akan menjadi target utama kita dalam menggenjot KUKM di Pelalawan,"tandasnya.(***)