BENGKALIS, GORIAU.COM - Entah apa sebabnya, dua minggu terakhir listrik di Bengkalis sering byar pet alias sering mati. Kendati matinya tidak begitu lama, tapi kondisi tersebut cukup membuat sejumlah warga kesal. Dalam satu hari bisa dua sampai tiga kali mati. Padahal pihak PLN Bengkalis mengatakan saat ini daya surplus sekitar 1,5 MW.

p>Sejauh ini memang belum ada penjelasan resmi dari PLN Bengkalis, apa penyebab listrik sering mati. Jika selama ini pihak PLN selalu mengkambinghitamkan monyet-monyet yang bergelantungan di kabel milik PLN, entah apa pula alasan yang diberikan kali ini.

''Kami heran juga, katanya dayanya sudah mencukupi pasca datangnya genset yang baru, tapi kok akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman,'' ujar Mazlina warga Bengkalis, Kamis (26/2/2015).

Memang pemadaman yang dilakukan PLN tidak sampai berjam-jam, tapi jika hal itu sering dilakukan bisa mengganggu akivitas masyarakat dan dkawatirkan akan ada perangkat elektronik yang rusak.

Seperti pada Rabu (25/2/2015) malam dan Kanis (26/2/2015) pagi, listrik sempat mati. Selain itu, sejak beberapa malam terakhir lampu-lampu jalan di kota Bengkalis juga tidak hidup. Tidak jelas apakah ada kaitannya dengan banyaknya lampu lampion yang dipasang sempena perayaan Imlek.

''Tapi rasanya tidak juga, karena kemarin-kemarin tegangan listrik tetap normal walau lampu lampion hidup,'' ujar Mazlina lagi.

Sejatinya kata Ipit lagi, PLN Bengkalis menyampaikan ke publik tentang gangguan atau persoalan apa yang dihadapi PLN saat ini, apakah ada mesin yang rusak sehingga menyebabkan daya berkurang atau ada gangguan lainnya.

''Kalau mengharuskan dilakukan pemadaman ya mohon juga disampaikan kepada masyarakat, biar kita bisa antisipasi. Ini susahnya saat ada kegiatan tiba-tiba lampu mati, agak kelabakan juga kita dibuatnya," ujar Ipit pula.(jfk)