PEKANBARU, GORIAU.COM - Selain berkunjung ke Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau untuk berdialog dengan warga tempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melakukan 'kebiasaannya' di Pasar Bawah, Pekanbaru.

'Tradisi' apa yang akan dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut? Tentu saja adalah 'blusukan'. Berada di tengah-tengah pedagang dan pembeli di pasar, kemudian melakukan dialog-dialog kecil dengan warga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memenuhi permintaan masyarakat Riau untuk hadir di Bumi Lancang Kuning. Rencananya, Jokowi dan istri beserta rombongan akan mendapat di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (26/11/2014) pekan depan.

Seperti biasanya, di sana Jokowi akan mendengar pemaparan dari Satgas Penanganan Karhutla Riau. Karena jelang ke Riau, kementerian terkait sudah melakukan peninjauan ke lapangan. Terutama ke lokasi-lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan.

Menurut jadwal, setelah melakukan temu-ramah beberapa saat di Lanud, Jokowi beserta rombongan bertolak ke Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti menggunakan helikopter.

"Presiden nantinya akan melewati Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dan Danau Zamrud juga dengan helikopter," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman melalui Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Yoserizal Zen, Sabtu (22/11/2014).

Selain meninjau beberapa lokasi rawan karhutla, di Meranti, Presiden akan berdialog dengan warga di sana. Presiden akan mendengar dan menyerap aspirasi mereka untuk program-program 5 tahun ke depan.

Sementara sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya sudah melakukan kunjungan ke Meranti. Dirinya menyerap sejumlah aspirasi masyarakat tempatan untuk nantinya menjadi bahan disampaikan ke Presiden Jokowi.***