RENGAT,GORIAU.COM - Untuk pengamanan dan pelayanan para pemudik saat lebaran Idul Fitri 1436 H tahun 2015, Kepolisian Resort Indragiri Hulu (Inhu) akan didirikan pos lebaran di 6 titik, 3 diantaranya sebagai pos pelayanan dan 3 pos pengamanan.

Pos tersebut nantinya akan dibangun dilokasi-lokasi strategis dan rawan. Untuk pos pengamanan yaitu, di Simpang 4 Japura KM 179, Kecamatan Lirik, di KM 208 Dusun Berapit, Kecamatan Seberida dan di Simpang Granit KM 262 Desa Talang Lakat, Kecamatan Batang Gangsal.

Sementara untuk pos pelayanan yaitu, di KM 205 Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, Simp Tugu Patin KM 194 Kecamatan Rengat Barat dan di KM 283 Pasar Air Molek, Kecamatan Pasir Penyu.

Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo melalui Kasubag Humas Polres Inhu Iptu Yarmen Djambak menyebutkan bahwa, 6 pos pengamanan dan pelayanan tersebut dimaksudkan untuk tempat perhentian dan pengaduan para pemudik jika mengalami kendala saat melintas di Inhu.

Selain polisi, pihaknya juga melibatkan aparat TNI, Dishubkominfo, PMI, serta Satpol PP untuk menjaga pos setiap harinya. "Selam operasi ketupat, kita akan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Sedangkan jadwal operasi akan dimulai sejak H-7 hingga H+7 lebaran", jelasnya.

Sedangkan jumlah personil yang akan diterjunkan sebut Yarmen, pihaknya akan menggelar rapat bersama dengan semua pihak yang terlibat. Dan dalam rapat tersebut, nantinya akan diatur jadwal jaga atau piket setiap harinya.

Dengan demikian, Yarmen berpesan agar masyarakat bisa menjadi polisi untuk diri sendiri yang mampu mengamankan keluarga serta aset pribadi dari kemungkinan kejahatan.

"Bagi masyarakat yang memerlukan pengamanan polisi saat mengambil uang dan transaksi dalam jumlah besar, kita siap untuk dimintai pengawalan. Silahkan hubungi kantor polisi terdekat dan tidak dipungut biaya sepersen pun", pungkas Yarmen tegas.

(jef)