PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Bandar Petalangan, pada akhir pekan kemarin melakukan kunjungan ke perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Serikat Putra. Dalam pertemuan hadir sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan ninik mamak.

"Kunjungan dimaksudkan untuk membangun kerjasama serta membicarakan berbagai persoalan antara masyarakat dengan perusahaan," terang Ketua APDESI Kecamatan Bandar Petalangan, Syafrizal didampingi oleh PLt Lurah Rawang Empat, Arisman Jaafar, akhir pekan kemarin.

Menurut Syafrizal yang juga Kepala Desa Angkasa ini, pertemuan seluruh Kades se-Bandar Petalangan membahas berbagai persoalan yang ada, terkait perselisihan masyarakat dan perusahaan perkebunan.

"Kita bahas juga bagaimana menyikapi ketika terjadi persoalan atau perselisihan antara masyarakat dengan perusahaan," jelasnya.

Menurut Syafrizal, perselisihan antara masyarakat dengan perusahaan hendaknya dapat diselesaikan di tingkat desa atau kelurahan dengan musyawarah dan mufakat secara kekeluargaan.

Arisman Jaafar, Plt Lurah Rawang Empat menambahkan, meski sering terjadinya konflik namun tidak terlalu besar dan masih bisa diselesaikan dalam tatanan adat dan pemerintahan desa setempat.

"Ini agar tercipta hubungan yang harmonis antara masyarakat dan perusahaan. Itu yang coba kita bangun kedepannya dengan perusahaan," ujarnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung, pihak perusahaan memberikan respon yang positif. Artinya, kerja sama yang baik akan segera tercipta kedepannya.(***)