SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kasi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II Siak Ferry Firmansyah menyarankan Pemkab Siak untuk membentuk tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan terhadap orang asing. Pasalnya, Siak merupakan salah satu kabupaten terdekat dari Pekanbaru, dan dinilai aman bagi Imigran asal Afganistan untuk tinggal.

"Saat rapat dengan forum komunikasi daerah beberapa waktu lalu, saya sudah usulkan agar Pemkab Siak membentuk tim pengawasan terhadap orang asing, tapi sepertinya belum ditanggapi," kata Ferry kepada GoRiau.com, Minggu (21/12/14).

Ditangkapnya satu keluarga Imigran Afganistan beberapa waktu lalu, lanjut Ferry, membuktikan Siak menjadi daerah baru bagi mereka. Apalagi, jumlah Imigran di Pekanbaru saat ini cukup banyak, sehingga sebagian dari mereka mulai mencari daerah baru agar tidak terpantau oleh pemerintah daerah.

"Satu keluarga Imigran Afganistan yang kita amankan minggu lalu, membuktikan mereka mulai mencari daerah baru, sebab di Pekanbaru sudah terlalu banyak. Fenomena ini hendaknya segera disikapi dengan membentuk tim khusus yang bertugas mengawasi orang asing, termasuk Imigran," jelasnya.

Selain itu, jumlah orang asing yang bekerja diperusahaan besar di Siak juga tidak diketahui keberadaannya. Sehingga, hal ini menyulitkan pihak Imigasi Siak dalam melakukan pengawasan.

"Saya pernah kesulitan saat melakukan pendataan terhadap tenaga kerja asing di Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang. Mereka terkesan menutupi, jadi kita kesulitan untuk memantau pergerakan mereka di Siak ini khususnya di Perawang. Kita berharap, Pemkab Siak melalui Kesbangpolinmas mendukung usulan ini untuk secepatnya membentuk tim pengawasan orang asing, pungkas Ferry.(nal)