PEKANBARU, GORIAU.COM - Memasuki H+5 lebaran Idul Fitri 1435 H, masyarakat perantau sepertinya masih menikmati kumpul keluarga. Daerah-daerah padat kendaraan masih terlihat sepi. Salah satunya di Kota Pekanbaru, Riau.

Kota yang memiliki beberapa titik jalur terpadat seperti Jalan Sudirman, Tuanku Tambusai, Soebrantas dan beberapa lainnya dalam kondisi saat ini seperti jarang terlihat. Pusat Ibukota Provinsi Riau ini masih terlihat sepi dan diprediksi kembali akan normal mulai Senin (4/8/2014).

Karena pekan depan tersebut, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah mulai menjalani aktivitas seperti biasa. Namun demikian, belum juga menjamin seluruh aktivitas kembali lancar.

Pasalnya, masa libur untuk anak-anak sekolah di Kota Bertuah (Pekanbaru, red) masih berlangsung hingga 10 Agustus mendatang.

"Sekolah di Pekanbaru rata-rata masuk tanggal 11 Agustus. Jadi bagi orang tua yang bukan pegawai lebih banyak memilih mudik jelang anaknya masuk sekolah. Inilah Kota Pekanbaru sekarang," kata Andri Subagio, penjual lontong di Jalan Soebrantas, Pekanbaru, Riau.

Tetapi beberapa daerah di Riau menetapkan atau mengambil kebijakan masuk sekolah lebih awal. Seperti yang terjadi di Kabupaten Siak, rata-rata proses belajar dan mengajar dimulai pada Selasa (5/8/2014) pekan depan.

"Iya, di Siak hampir semuanya masuk pada 5 Agustus. Nanggung sih, tapi mau gimana lagi," ujar Tia Septiana, salah satu pelajar SMA asal Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau.***