PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan akan menambah 30 personil pemadam kebakaran dan membangun 3 pos jaga yang akan mencakup beberapa kecamatan. Hal ini merupakan sebagai upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pelalawan.

Diungkapkan Kepala BPBD dan Pemadam Kebakaran Pelalawan, Abu Bakar FE, Minggu (25/1/2015), penambahan 30 personil baru itu nantinya akan disiagakan di 3 pos baru yang juga akan dibangun pada tahun ini.

Dikatakan Abu Bakar, diharapkan langkah tersebut bisa memutus jarak kendali agar setiap terjadi peristiwa kebakaran di wilayah kecamatan agar bisa cepat ditangani dan tidak tergantung dengan Tim Damkar dari Kabupaten yang standby di Pangkalan Kerinci.

"Tahun ini kita ditambah 30 personil baru beserta tiga pos jaga di Kecamatan Ukui, Bunut dan Bandar Seikijang," katanya.

Selain itu disampaikan Abu Bakar, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap seluruh perusahaan yang ada di Pelalawan untuk terlibat langsung dalam penanganan karhutlah di area perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan juga diharuskan ikut terlibat pemadaman di lahan masyarakat apabila terjadi kebakaran.

Dan untuk memastikan kesiapan perusahaan dalam penanganan karhutlah musim kemarau kali ini, rencananya pihak BPBD sendiri akan melakukan peninjauan ke semua perusahaan untuk melihat peralatan pemadam kebakaran dan tempat penampung air (embung).

"Semoga langkah kita mempersiapkan semua ini, nantinya akan bermanfaat, setidaknya untuk proses melakukan tindakan upaya pemadaman bisa cepat dilakukan," tandasnya.(***)