PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Persatuan Masyarakat Aceh (Permasa) Kabupaten Pelalawan, Riau siap mendukung program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Demikian kebulatan tekad itu disampaikan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H, Minggu (1/3/2015).

Maulid Nabi SAW 1436 H digelar di Balai pengajian Babul Mutaalimin Permasa di Jalan Sakura Pangkalan Kerinci. Sebelum acara di mulai, puluhan anak-anak menggelar zikir bersama melantunkan shalawat Nabi dengan semangatnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengambil tema ''Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, mari kita terapkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari''. Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Riau Zukri Misran, Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan Sinaga diwakili oleh kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Hariyadi R, Ketua Permasa Provinsi Riau Jamaluddin Badai, ratusan masyarakat Aceh di kabupaten Pelalawan.

Saat sambutan Ketua Permasa Kabupaten Pelalawan Nazaruddin ST mengatakan, perayaan maulid nabi ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan, untuk mengenang perjuangan Rasullah SAW dalam menyampaikan dakwah untuk mengajak umat manusia menuju kepada agama yang benar. Semoga dengan ini dapat mengambil uswah dari beliau untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan beragama maupun kehidupan sosial masyarakat.

''Saya sampaikan, bahwa Permasa Pelalawan akan senantiasa memberikan dukungan penuh atas kebijakan-kebijakan Pemerintah dan kami akan menjadikan bagian dari pembangunan di Kabupaten tercinta ini. Segenap masyarakat Aceh yang sudah lama tinggal di Pelalawan menghaturkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajarannya yang telah mendukung kami dan memberikan ruang kepada kami untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kebijakan -kebijakan pemerintah daerah melalui wadah Permasa ini,'' ujarnya.

Nazaruddin juga mengatakan, pada masyarakat Aceh yang ada di Pelalawan, marilah bersama-sama bangun ukhuwah di negeri ini dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan.

Sementara itu, Ketua Permasa Provinsi Riau Jamaluddin Badai mengucapkan terimakasih kepada Permasa Pelalawan yang telah menggelarkan kegiatan keagamaan yakni Maulid Nabi Muhammad SAW, walaupun dalam kegiatan ini hadir terlambat. Tapi akhirnya sampai juga di Kabupaten Pelalawan, untuk masyarakat Aceh dinegeri amanah ini. Untuk tahun ini, masyarakat Aceh di Propinsi Riau harus berbangga hati, bahwa warga Aceh di Riau sudah mempunyai masjid raya yang terletak di Jalan Air Hitam Pekanbaru.

''Insya allah tahun ini masjid tersebut bisa digunakan buat warga Aceh sholat tawaweh dan tahun 2016 akan dihadiri secara langsung oleh Gubenur Provinsi Aceh dan Gubenur Provinsi Riau. Apalagi disaat peresmian nanti, Permasa Kabupaten Pelalawan akan ditunjuk sebagai panitia penyelenggara kegiatan tersebut,'' paparnya.

Hal yang sama juga disampaikan, anggota DPRD Propinsi Riau Zukri Misran mengatakan, suatu kerhormatan bagi dirinya bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Permasa di Kabupaten pelalawan ini. Bahwa saat ini masyarakat Permasa Pelalawan baginya sudah tidak asing lagi. Pasalnya, dalam keseharian dirinya mengaku selalu berbaur dan mempunyai komunikai yang bagus sebagai keluarga sendiri. Apalagi sampai saat ini masyarakat Aceh yang berada di Pangkalan Kerinci memiliki kontribusi besar dalam membangun Kabupaten Pelalawan ini.

''Permasa sudah punya andil besar dalam membangun Pelalawan ini, sehingga tak ada lagi perbedaan masyarakat mana semuanya kita adalah warga Pelalawan. Untuk tahun ini mengajak Permasa Pelalawan jangan menunggu bantuan sosial dari Pemerintah dan Legislatif,tapi di tahun ini kita akan merencanakan pembangunan lanjutan masjid kebanggaan masyarakat di Kabupaten Pelalawan secara bertahap untuk. Untuk masalah anggaran jangan dipikirkan kali, saya akan memberikan kontribusi buat masyarakat Aceh,'' tutupnya. (rls)