BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Event nasional bakar tongkang tahun 2015 akan menghadirkan empat menteri. Keempat menteri yang hadir adalah menteri pariwisata, menteri perikanan, menko kemaritiman dan menteri perhubungan.

''Harapan bupati bisa menghadirkan 4 menteri,'' kata Asisten III, Ali Asfar,S.Sos didampingi Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, M.Zulkarnain dalam rapat antara Pemkab dengan tokoh suku Tionghoa dalam rangka persiapan even bakar tongkang pada hari Kamis (28/5/2015) jam 21.00 Wib malam di lantai 4 kantor Bupati Rohil.

Dikatakan Ali Asfar, Menteri Perikanan memang ada keinginan untuk datang ke Bagansiapiapi. Karena sebelumnya dia hanya tahu dari buku, bahwa Bagansiapiapi adalah salah satu penghasil ikan terbesar di dunia.

Demikian halnya dengan Menteri Perhubungan. Saat ini Rohil sedang membangun bandara dan pelabuhan internasional. Dengan kehadiran mereka, setidaknya akan mempercepat proses pekerjaan yang sedang berjalan.

Dengan kehadiran 4 menteri, pemerintah berencana akan melakukan seminar sehari untuk membahas potensi yang ada di Rohil.

Sementara itu, Plt setda Rohil, Drs Surya Arpan mengingatkan, acara bakar tongkang pada tanggal 1 sampai dengan 7 Juli berada dalam bulan Ramadhan, ada beberapa kebiasaan yang dihilangkan demi menghormati umat muslim yang sedang berpuasa.

Dia juga mengusulkan, hiburan malam menyambut acara bakar tongkang, hendaknya dimulai sekira jam 09.00 usai shalat tarawih. Di tengah kota juga akan dibangun stand bazaar.

Dalam rapat itu, ada beberapa hal teknis yang dibahas yakni penempatan panggung, lokasi berbuka puasa bagi tamu undangan, serta arak-arakan membawa rombongan menteri menggunakan becak hias.

Rapat itu tidak bersifat final. Ada beberapa item yang akan dikonsultasikan dengan bupati pada rapat mendatang. (adv)