SIAK SRI INDRAPURA - Sesuai arahan Menteri Kesehatan, dr Juan Alfonso Leonardia dari Philipina Tim Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Jerman, melakukan kunjungan ke Kabupaten Siak dalam agenda pertukaran pengalaman berkaitan dengan kegiatan berkelompok tentang kesehatan terkait program Fit For School.

"Program Fit Fot School yang ada di Siak jadi percontohan di Indonesia. Makanya, Bu Menteri menyarankan dokter asal Philipina ini datang ke Siak untuk melihat langsung program kegiatan kelompok di sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak Tonny Chandra menjawab GoRiau.com, Selasa (1/12/2015).

Saat pertemuan dengan sejumlah dokter dan guru-guru di Kantor Bupati Siak, Juan mengaku ingin belajar terkait kesehatan kelompok Fit For School di Kabupaten Siak.

"Saya merasa segan dengan sambutan ini karena saya yang ingin belajar dari daerah sini, bagaimana bapak dan ibu bisa menerapkan program Fit For School, itu yang ingin saya lihat," ujarnya dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan Project Manager Rigil Munajad.

Juan juga ingin mengetahui faktor apa saja yang mendukung berjalannya program tersebut yang nantinya bisa diterapkan di seluruh Indonesia.

Setelah membuka acara penyambutan di ruang rapat Kantor Bupati Siak, Asisten I Setdakab Siak Fauzi Azni menjabarkan nantinya Juan Alfonso akan langsung meninjau sekolah yang telah menerapkan Fit For School di Siak.

Kunjungan ini, baru yang pertama kalinya dilakukan Juan Alfonso di Sumatra, dan Siak dijadikan tempat pertukaran pengalaman berkaitan dengan kegiatan berkelompok setiap hari, tentang cuci tangan dengan sabun dan sikat gigi.

"Beruntung jadi tempat kunjungan dan ingin belajar dari sini, karena Kabupaten Siak telah menerapkan di sekolah-sekolah program Fit For School," ujarnya.

"Rencananya, untuk melihat langsung sekolah yang menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, Juan akan berkunjung ke SD Lubuk Dalam dan TK Darul Ulum," tutup Kadiskes.***