RENGAT,GORIAU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri  Hulu (Inhu) H Yopi Arianto, menyatakan diri untuk ikut dalam bursa pemilihan calon Bupati Inhu periode 2015-2020. Pernyataan itu disampaikannya dihadapan para pimpinan partai politik dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka persiapan penyelengaraan Pemilihan Bupati Inhu tahun 2015 yang ditaja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu di aula kantor KPU Inhu, Selasa (27/1/2015).

Dalam acara yang juga dihadiri, Ketua DPRD Inhu, Miswanto, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, Kasidim 0302 Inhu, Kejari Rengat dan para pimpinan Parpol tersebut, Bupati Yopi menyatakan bahwa, kehadiran dirinya selain sebagai Bupati Inhu, juga sebagai ketua partai dan sebagai bakal calon Bupati Inhu.

"Kehadiran diri saya dalam acara ini merupakan sebagai Bupati Inhu. Selain itu juga saya hadir atas nama ketua partai dan bakal calon bupati. Saya satu-satunya bakal calon Bupati Inhu yang hadir memenuhi undangan KPU Inhu saat ini", sebut bupati lantang.

Dalam arahannya, Bupati Inhu itu mengucapakan terimakasih kepada jajaran KPU Inhu, yang telah banyak memberikan masukan kepada Pemkab Inhu dalam menghadapi pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan bupati di Inhu tahun 2015. 

"Siapapun yang akan maju pada pemilihan bupati tahun ini, baik dari jalur partai politik maupun dari jalur independen, mari kita hadapi dan kita laksanakan pesta rakyat ini dengan baik, jujur dan adil serta saling berkoordinasi dan menghargai satu sama lain," singkatnya.

Sebelumnya, saat FGD berlangsung, Ketua KPU Kabupaten Inhu, Muhammad Amin, menyampaikan materi sosialisasi pemilihan bupati dengan peraturan perundang-undangan yang baru, antara lain Perppu nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Pemilihan Bupati/walikota.

"Dalam hal ini, KPU akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait persiapan data pemilih dan jumlah penduduk. KPU juga akan membuat panduan uji publik, serta menyampaikan tahapan, program, jadwal pencalonan, syarat pencalonan, pendaftaran bakal calon dan penetapan calon", jelas M Amin, menerangkan.(jef)