SELATPANJANG, GORIAU.COM - Ada hal yang menarik dari pembukaan Pesta Sungai Bokor tahun 2015. Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi yang membuka perhelatan itu langsung didampingi oleh pencipta lagu Suci Dalam Debu, Abangku, asal Malaysia.


Pembukaan Pesta Sungai Bokor 2015 itu ditandai dengan membelah buah cempedak. Saat membelah ini lah H Irwan langsung didampingi Abangku dan mencicipi enaknya rasa buah cempedak.
Sebelumnya, dalam sambutan H Irwan menyatakan bahwa pesta sungai bokor ini merupakan suatu kegiatan yang sangat unik. Irwan juga beranggapan bahwa mungkin inilah satu-satunya kegiatan bertaraf internasional dilakukan di desa yang jauh dan terpencil.
"Meski demikian, tapi kegiatan ini dapat mengena di hati seniman. Kegiatan ini harus terus dikembang dan dipromosikan. Mudah-mudahan dapat menjadi wadah bagi seniman mengembangkan kemampuan diri," kata H Irwan.
Sedikit mengenai lagu Suci Dalam Debu, merupakan lagu ciptaan Abangku yang perdana. Lagu itu dinyakikan kumpulan musik legendaris Malaysia, yaitu Iklim.
Lagu Suci Dalam Debu ini pula sudah mendapat tempat istimewa di hati masyarakat Meranti. Hingga saat ini, lagu tersebut masih sering didendang dan didengarkan.
Pada saat pembukaan itu pula, ada penampilan dari Pekanbaru, Pelalawan, Dendang Anak dari Malaysia, dan gabungan antara Dendang Anak asal Malaysia dengan Sanggar Panglime asal Pelalawan dan Sanggar Bathin Galang asal Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti.(zal)