BAGANSIAPIAPI - Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas menjemput 19 nelayan Rokan Hilir (Rohil), Riau yang ditangkap Polisi Marine Malaysia telah berkoordinasi dengan pihak Malaysia untuk pemulangan ke tanah air.

Demikian disampaikan Plt Sekda Rohil, Surya Arpan kepada GoRiau.com usai safari Ramadan di Penipahan, Pasir Limau Kapas, Jumat (1/7/2016) malam.

"Pihak TNI AL telah berkoordinasi denngan Wisma Putra, Jabatan Perikanan dan PDRM untuk proses pelepasan yang dilaksanakan tadi. Para nelayan ini diantar oleh kapal Malaysia sekitar pukul 15.00 Wib," terang Surya.

Ia mengaku telah menerima pesan, bahwa 19 nelayan diangkut dengan tiga boat dari pusat tahanan Vessel Kuala Selangor menuju perbatasan Indonesia - Malaysia.

"Kondisi 19 orang nelayan tersebut dalam keadaan sehat. Pihak TNI AL juga telah memberikan bantuan sembako untuk mereka," tegas Surya.

Dikatakan Surya, selain membebaskan 19 nelayan, pihak Malaysia juga mengembalikan barang yang sebelumnya ditahan, seperti GPS dan peralatan lainnya. Namun, ikan hasil tangkapan sudah dilelang. Kendati demikian, hasil pelelangan senilai RM800 dikembalikan ke nelayan.(amr)