BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis menggelar debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis yang digelar di Gedung Cik Puan, Kamis (26/11/2015).

Pasangan nomor urut 1 Amril Mukhminin-Muhammad datang diantar pendukungnya. Demikian juga dengan Herliyan Saleh yang datang dengan pasangannya Riza Pahlefi yang terpaksa menggunakan kursi roda. Sementara cabup Sulaiman Zakaria datang sendiri tanpa didampingi cawabupnya Noor Charis Putra yang tak diketahui apa penyebabnya sampai tidak hadir pada debat publik itu.

Kegiatan diawali dengan sepatah kata dari Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar yang mengajak seluruh masyarakat negeri ini untuk menjalankan demokrasi yang sehat, bersih dilandasi semangat demokratisasi untuk kemajuan Kabupaten Bengkalis kedepannya. KPU berharap debat publik ini dapat menjadi referensi bagi masyarakat dalam menentukan pilihan 9 Desember mendatang.

"Mari kita semua belajar berdemokrasi yang sehat dengan saling menghargai apapun hasil Pilkada 9 Desember 2015 sebagai sarana menuju sebuah kemajuan Negeri Junjungan. Jadikan debat publik ini sebagai ajang pendewasaan berpolitik untuk suksesi kepemimpinan yang didasari keputusan rakyat sebagai pemegang kedaulatan penuh demokrasi. Selamat melaksanakan debat untuk sebuah proses demokrasi yang bersih dan adil bagi seluruh rakyat Bengkalis," ajak Defitri dalam sambutannya.

Sementara Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie memberikan sambutan singkat tapi padat dan penuh makna. Intinya, Ahmad Syah mengajak masyarakat Bengkalis untuk menyukseskan Pilkada 9 Desember 2015 dan kepada calon untuk bersaing secara sehat dan fair.

"Hidupkan lampu kita, jangan matikan lampu orang lain," pesan Ahmad Syah singkat dan padat, namun penuh makna.(ail)