PEKANBARU, GORIAU.COM - Cukup mengejutkan, dari 14.807 berkas CPNS via pos yang diterima Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, ternyata hanya 8.775  pelamar yang dinyatakan lulus administrasi.

Setelah ditelusuri, ternyata banyak persyaratan-persyaratan yang tidak dipenuhi para pelamar. Demikian disampaikan Kepala BKD Riau, M Guntur kepada GoRiau.com, Selasa (7/10/2014).

"Cukup drastis memang, karena sebelumnya kita hanya memperkirakan lebih kurang 10 ribu pelamar yang lulus administrasi," tandas Guntur.

Ada beberapa persyaratan yang tidak bisa dimengerti dan dilengkapi oleh para pelamar. Diantaranya seperti KTP yang NIK-nya tidak terdaftar, kemudian menggunakan KTP Sementara yang belum rekam e-KTP dan sebagainya.

Kemudian syarat photo copy ijazah yang tidak dilegalisir, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)  yang tidak teregistrasi dan ada juga yang tidak melampirkan. "Dan banyak persyaratan-persyaratan lainnya," ujar Guntur.

Sementara mengenai pengumuman secara resmi, sejauh ini BKD Riau masih berpegang pada jadwal awal, yakni 9 Oktober 2014. Namun itu masih akan dirapatkan lagi dengan BKD kabupaten dan kota.

Rapat sendiri rencana akan digelar Rabu (8/10/2014) besok. Banyak hal yang akan dibahas, baik mengenai jadwal dan mekanisme pengumuman hasil kelulusan administrasi, hingga jadwal dan mekanisme pelaksanaan ujian.

"Kita akan rapat dulu dengan kabupaten dan kota. Ada beberapa hal mendasar yang akan dibahas, termasuk jadwal pelaksanaan ujian nantinya," sambung mantan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau ini.***