BENGKALIS, GORIAU.COM - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang bermukim di SMAN 1 Bengkalis siap menjadi sahabat sejati sekaligus memberikan solusi berbagai macam masalah bagi remaja. Siapapun itu, harus bisa mencerita semua masalah yang dihadapi agar mendapatkan solusi dari PIK-R.

Keberadaan PIK-R yang telah berdiri sejak 9 Desember 2011 ini memang menjadi ajang tempat curhat para remaja. Semenjak PIK-R berdiri sudah 100-an remaja ikut bergabung. Meski beranggotakan siswa sekolah, tak perlu ragu, sebab semua hebat dan andal. Hebatnya lagi, PIK-R Nuansa pernah meraih PIK-R terbaik secara nasional.

Shelly Anita, penggagas berdirinya PIK-R Nuansa SMAN 1 Bengkalis memaparkan, keberadaan PIK-R telah berhasil merangkum para remaja untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Meski sekretariatnya di SMAN 1, tak jarang, PIK-R juga menerima pasien curhat masalah dari luar.

''Remaja itu lebih senang curhat apapun masalahnya baik itu masalah pribadi sama orang sebayanya dibanding ke orang yang lebih tua. Dan PIK-R meskipun hanya dilingkup SMAN 1 sudah berhasil dan berbuat banyak memberikan solusi masalah remaja,'' kata alumni SMAN 1 Bengkalis tahun 2013 ini, Rabu (7/10/2015).

Meski belum didukung finansial dari pihak- pihak terkait untuk terus mengembangkan PIK-R di negeri junjungan, Duta Mahasiswa Genre Riau 2015 dan Fasilitator PIK-R Nuansa itu tampak bersemangat untuk terus mengembangkan sekaligus membantu para remaja sebayanya.

''Sebagai contoh, ada beberapa waktu lalu remaja pecandu narkoba yang datang dan mencerita masalahnya. Setelah kita paparkan, kita kasi pemahaman, Alhasil dia yang semulanya pecandu narkoba menjadi baik bahkan masuk anggota PIK-R,'' jelasnya menceritakan.

Contoh lain, ulasnya, ada yang menceritakan nilai sekolah jelek akibat pengaruh pergaulan,"Remaja seperti ini kita rekrut, gabung sama kita agar dia menjadi orang yang aktif dan bisa memikirkan masa depan dengan target. Di PIK-R itu dituntut untuk harus aktif,'' pungkasnya.(ail)