PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah sebelumnya masyarakat atau calon pelamar CPNS bingung sulitnya mengakses situs panselnas untuk pendaftaran, masalah baru datang ketika mereka bingung dengan rumit dan berbelit-belitnya persyaratan yang harus dipenuhi.

Ditambah lagi saat mendaftar di situs panselnas, para pelamar dihadapkan pada beberapa kolom dialog (isian) yang terkadang menghabiskan waktu bagi mereka untuk menerjemahkannya.

Sri Wahyuningsih (25), warga Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau ini mengaku sulit mengikuti dan menerjemahkan kelengkapan isian pada formulir pada situs pendaftaran.

"Ternyata bukan saya saja yang mengeluhkan rumitnya prosedur pendaftaran CPNS tahun ini, kawan-kawan lainnya juga mengalami hal serupa," kata Sri.

Hal senada juga disampaikan Rifki (26). Warga Jalan Rambutan, Pekanbaru, Riau ini juga mengalami kesulitan yang sama. Rifki mengaku sedikit kebingungan melakukan pendaftaran secara online tersebut.

Pasalnya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mendapatkan nomor peserta untuk menjadi aparatur pemerintah tersebut.

"Butuh berkali-kali untuk masuk ke situs panselnas. Setelah masuk dan muncul kolom pendaftaran, kita dihadapkan dengan pengisian yang begitu rumit, kadang ada yang sudah sesuai data, tetapi malah error," kata Rifki.

Pendaftaran CPNS tahun ini memang terbilang rumit untuk beberapa persyaratan, meski ada juga beberapa yang dimudahkan. Seperti surat keterangan tidak menggunakan joki hingga informasi keterangan akreditasi kampus yang harus dilengkapi.***