PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Puluhan supir angkutan barang dan penumpang menjalani tes urine, di Poskotis KM 55, Pangkalan Kerinci, Senin sore (20/7/2014). Tes urine itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus kecelakaan akibat kelalaian para sopir di jalan raya selama musim mudik Lebaran.

Tes urine sekaligus uji kelayakan kenderaan secara mendadak bagi para sopir dan armada angkutan lebaran di pintu masuk kota Pangkalan Kerinci, dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pelalawan, AKP Afrizal bersama Koordinator Pengujian Kenderaan Dishub Pelalawan, H Mislan.

Dalam kesempatan itu, disampaikan AKP Afrizal, dari puluhan sopir yang menjalani tes urine, tidak ditemukan adanya sopir yang mengkomsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang.

"Sebagian dari para sopir ini hanya lelah karena kurang istirahat. Dan bagi yang memiliki sopir cadangan dapat melanjutkan perjalanan kembali, sedangkan supir tunggal diminta untuk istirahat sejenak,"terangnya.

Disisi lain, para sopir yang mengetahui ada razia mendadak sempat dibuat kaget, ketika kedua arah kenderaan di Jalan Lintas Timur baik dari arah kota Pekanbaru maupun sebaliknya dihentikan oleh petugas kepolisian dan dinas perhubungan.

Selain dari aparat kepolisian, kegiatan itu juga melibatkan Satuan Lalulintas Dinas Perhubungan dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Pelalawan, Dinas Kesehatan, PT Jasa Raharja Kabupaten Pelalawan yang dikerahkan ke lapangan.(rkn)