SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengakui bahwa susu dara (sejenis siput yang bercangkang keras, red) memiliki rasa yang sangat enak. Ia pun terlihat sangat menikmati makanan hasil laut itu ketika meninjau satu persatu stand saat pembukaan Pesta Pantai di Desa Tanjung Pisang Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kepulauan Meranti, Riau, beberapa waktu lalu.


"Kenape tak bilang ade makanan sedap di sini," kata H Irwan dengan logat daerah kepada Pauzi SSos, Koordinator acara pesta pantai, ketika meninjau salah satu stand yang menyediakan soup susu dara waktu itu.
"Kalau tau, lebih baik kita makan di tepi laut. Pasti lebih enak," tambah orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu.
Selain menikmati lezatnya biota laut yang banyak menempel di tali-tali nelayan, H Irwan juga mencoba beberapa makanan yang diolah dari hasil laut maupun sagu.
Selain mengakui kelezatan susu dara, H Irwan juga mengakui kelezatan udang masak kecap yang disajikan salah satu stand waktu pembukaan acara hiburan rakyat itu.
Ketika usai mengunjungi dan mencicipi semua masakan khas daerah Meranti, H Irwan diminta untuk memberi penilaian stand mana yang layak menjadi pemenang.
Dengan mantap H Irwan mengatakan bahwa stand yang menyediakan soup susu dara dan udang kecap adalah pemenangnya.
Selain mencicipi langsung, H Irwan juga dibekali soup susu dara oleh masyararakat setempat.
Pauzi ketika ditemui mengakui bahwa olahan makanan berbasis biota laut dan sagu sengaja disajikan dalam acara tahunan itu. Mereka mempunyai niat untuk mengembangkan makanan-makanan hasil laut khas Meranti.
Pantauan GoRiau di Tanjung Pisang waktu itu, berbagai jenis biota laut diolah menjadi lauk pauk yang sangat enak. Hasil-hasil laut yang telah diolah dan mempunyai cita rasa yang sangat lezat diberikan secara gratis kepada pengunjung hari itu.(zal)