RENGAT, GORIAU.COM - Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) se-Riau yang diselenggarakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rengat bersempena dengan HUT Emas Pemasyarakatan ke 50 berjalan sukses, aman dan terkendali.

Ketua Panitia MTQ, Gumilar Budi Rahayu, A.Md, SH dalam sambutannya saat penutupan perhelatan akbar tersebut mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih pada pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dalam hal ini Bupati Inhu, H. Yopi Arianto, SE. Yang mana berkat bantuan Pemkab Inhu, baik moril, materil maupun saran, kegiatan MTQ antar WBP se-Riau ini berjalan sukses.

Selain itu, ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada pihak LPTQ dan Depag Kabupaten Inhu yang juga telah memberi andil dalam mensukseskan acara ini, begitu juga dengan seluruh pihak dan masyarakat yang sudah ikut sumbangsih dalam MTQ ini.

Dalam pada itu, Lulik Heri Surtisno, selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Menkum HAM Riau mengatakan, MTQ merupakan bagian dari pemasyarakatan yang bertujuan untuk mempersiapkan mental warga binaan yang ada, agar begitu keluar dari Rutan mereka bisa hidup ditengah - tengah masyarakat nanti.

''Pembinaan tentu tidak terlepas dari petugas, masyarakat dan pemerintah daerah. Maka dari itu, kita harapkan hubungan kerjasama Pemkab Inhu ini bisa berkelanjutan untuk kegitan-kegiatan yang akan datang, baik dalam pembinaan maupun pembangunan sarana dan prasarana Rutan. MTQ Ini insyaa Allah akan kita jadikan even tahunan, setiap HUT Pemasyarakatan,'' tukasnya.

Bupati Inhu, Yopi Arianto, SE dalam sambutannya menyebutkan, Pemkab Inhu siap menjalin kerjasama dalam bentuk apapun dengan Rutan Rengat, ''saya atas nama pemerintah Kabupaten Inhu dan diri pribadi akan memberikan perhatian yang khusus untuk Rutan ini.

''Mari kita bersinergi dalam mengembangkan kreatifitas para warga binaan yang ada, agan setelah mereka keluar nanti, mereka bisa terampil dengan skil yang telah kita bina,'' pungkas Yopi.

Sebelumnya, Bupati Inhu memberikan bonus kepada para pemenang MTQ sebesar Rp 500 ribu/orang dan sarung yang bersumber dari gaji dirinya pada bulan ini. (jef)