BENGKALIS, GORIAU.COM - Kegiatan Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015, diharapkan mampu memupuk dan mempererat silaturahmi antar umat Islam.

''Melalui kegiatan Pawai Taaruf ini, diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat ukhuwah islamiah antara pemerintah dan masyarakat, antara sesama masyarakat dan menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama,'' ungkap Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh usai pelepasan Pawai Taaruf MTQ Ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Sabtu sore (30/5/2015).

Lebih lanjut Herliyan mengatakan, Pawai Taaruf merupakan wujud ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan MTQ, yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif. Diharapkan dari kegiatan ini akan dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan event daerah yang strategis ini.

Banyak faedah, manfaat yang dipetik dari kegiatan ini, diantaranya membawa spirit dan semangat dalam kehidupan sehari-hari, dan kemeriahan ini juga menunjukkan kehidupan keagamaan di Kabupaten Bengkalis semakin hari semakin baik.

Lebih lanjut Herliyan Selah menegaskan, prosesi Pawai Taaruf melambangkan kebersamaan dan kekompakan mengusung dan melaksanakan kebaikan yang dapat membawa kemaslahatan umat termasuk dalam usaha dakwah dan syiar Islam. Melestarikan seni budaya islami dan meningkatkan ukhuwah islamiah, dalam rangka membangun kabupaten bengkalis yang lebih maju, bermartabat dan bermarwah.

''Semarak pawai adalah wujud kegembiraan sebagai cerminan syukur atas anugerah allah dalam wujud terlaksananya pembangunan di negeri junjungan kita cintai ini yang dari waktu ke waktu kita rasakan menuju ke arah sempurna,'' ujarnya.

Acara pelepasan turut disaksikan Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, Sekretaris Daerah Burhanudin dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah anggota DPRD Bengkalis, Ketua TP PKK Bengkalis, Romaini dan para pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(ail)