PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pelalawan saat ini mulai mengembangkan potensi wisata alam Danau Tajwid yang berada di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam. Pada tahap awal ini, pembukaan akses jalan menuju Danau Tajwid mulai dibuka.

"Untuk anggaran pembangunan disana memang belum ada. Tapi pembukaan jalan disana sudah mulai dilakukan," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Hasan Tua Tanjung, Minggu (26/10/2014).

Dijelaskan Hasan Tua, untuk tahap awal ini tentu diperlukan pembukaan akses jalan terlebih dahulu menuju lokasi Danau Tajwid. Pasalnya untuk menuju kelokasi tersebut, hanya bisa dilakukan melalui jalan air di Sungai Kampar dengan menggunakan sampan.

"Untuk pembukaan akses jalan Danau Tajwid, kita hanya menyiapkan alat berat saja yang dipergunakan untuk membuka akses jalan. Karena memang untuk anggran pembangunan disana belum ada," jelasnya.

Sebagai wisata alam, Danau Tajwid memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam. Pembuatan masterplan untuk pengembangan Danau Tajwid menjadi wisata alam alternatif di daerah ini tengah dikerjakan.

"Masterplan Danau Tajwid sedang dibuat. Dan untuk saat ini akses menuju ke Danau Tajwid melalui jalan darat sudah bisa, setelah dilakukan pembukaan akses jalan," tukasnya.(***)