PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah baik pusat maupun daerah, dinilai masih belum sepenuhnya mengatasi bencana kabut asap di Sumatera, termasuk Provinsi Riau.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bob Hasan, Sekjen DPP Pekat-IB (Pembela Tanah Air- Indonesia Baru) di ruang VVIP Lancang Kuning, Lanud Roesman Nurdjadin Pekanbaru, Sabtu (10/10/2015).

"Bencana kabut asap di Riau tahun ini sudah berjalan dua bulan, masyarakat banyak yang menjadi korban, baik secara materi maupun kesehatan jiwa, tapi saya melihat pemerintah belum maksimal mengatasi dampak asap ini," ungkapnya.

Pemerintah seharusnya cepat tanggap, tidak menunggu sampai adanya korban, saat ini menurut Bob Hasan, pemerintah terkesan lamban dan tidak tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang terindikasi melakukan pembakaran lahan.

"Seharusnya mereka (red-Pemerintah) tidak menunggu ada korban, tapi sudah jauh-jauh hari mengantisipasi masalah asap ini, sebelumnya pemerintah juga terlalu jaim, menolak bantuan internasional, sekarang ini seluruh elemen sudah berjibaku melawan asap, tiba-tiba menerima bantuan luar negeri, sedikit telat saya rasa," tambahnya.

Bob Hasan juga menambahkan, bahwa permasalahan asap merupakan bagian atau persoalan yang akan dibahas ke tingkat nasional.

"Kita akan membahas masalah asap ini ditingkat nasional, kami saja jauh-jauh datang ke Pekanbaru, selain urusan organisasi, juga sekaligus melihat langsung kondisi disini, walaupun masih bekabut, kami tetap hadir," jelasnya.

Kedatangan Bob Hasan ke Pekanbaru bersama rombongan dari DPP Pekat-IB, dalam rangka melaksanakan musyawarah wilayah dan membangun seminar kebangsaan, sekaligus pelantikan pengurus wilayah Pekat-IB Provinsi Riau, yang akan diselenggarakan bersama Lemhanas, BNN, Mabes Polri, Kemenkumham, Minggu (11/10/2015) di Pekanbaru.

Tampak hadir sejumlah pengurus pusat Pekat-IB seperti ketua umum Markoni Koto, Sekjen DPP Bob Hasan, Jimy Irwan Rimba, dan direncanakan malam ini hadir juga pejabat dari Dirhumas Polri.

Sementara dari pihak pengurus wilayah hadir rombongan ormas Pekat-ib yang langsung di komando oleh Ketua DPW Riau, Zulkifli Nst.(dnl)