PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melakukan kegiatan penghijauan di sepanjang jalan Lintas Timur (Jalintim), Pangkalan Kerinci. Ini dilakukan guna menciptakan lingkungan yang asri, sehat dan lestari di daerah ini.

Kepala BLH Pelalawan, Syamsul Anwar, Jumat (29/8/2014) mengatakan, kegiatan itu digelar sebagai bagian dari program strategis Kabupaten Pelalawan yakni program Pelalawan Sehat, dimana salah satunya yang akan menjadi penilaian dalam program Adipura.

"Program Adipura merupakan sebuah program dari dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KemenLH) Republik Indonesia, dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari,"katanya.

Dijelaskannya, kota Pangkalan Kerinci termasuk dalam kategori kota kecil, dimana untuk penilaian pertamanya akan dilakukan pada bulan Oktober 2014 mendatang.

"Penilaian program Adipura ini intinya adalah adanya ketersediaan ruang terbuka hijau dan pengelolaan sampah di kota tersebut. Salah satu titik pantau di Pangkalan Kerinci adalah di kondisi jalintim. Saat ini kita lihat, salah satu kekurangan di jalintim masih minim ruang terbuka hijau,"ujarnya.

Dijelaskanya lagi, dalam rangka percepatan program ini, maka pihaknya menghimbau dan mengajak perusahaan yang beroperasi di daerah ini, salah satunya PT RAPP untuk berpartisipasi aktif melakukan penanaman.

Sambunnya, atas nama Pemda pihaknya mengucapkan terimakasih banyak kepada PT RAPP atas keikutsertaannya dengan menanam jenis pohon pelindung di Jlintim Pangkalan Kerinci.

"Mudah-mudahan dengan partisipasi PT RAPP ini, nilainya bisa tinggi dan pihaknya optimis Pangkalan Kerinci mampu meraih Adipura selama semua pihak bisa berkomitmen menjaga lingkungan dengan baik. Jadi Adipura ini bukan tujuan, melainkan hanya sarana kita dalam menciptakan dan menjaga lingkungan sekitar kita,"bebernya.

Sementara itu, Environment and Stakeholder Relation PT RAPP, Khaerul Basyar mengatakan, perusahaan sangat menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh BLH Pelalawan ini.

Menurutnya, selain sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap daerah, hal ini juga sejalan dengan program GoGreen PT. RAPP sebagai perusahaan yang sangat komit terhadap kelestarian lingkungan.

"Kita melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon pelindung sebanyak 263 bibit jenis Angsana di kiri dan kanan jalan sepanjang jalan Lintas Timur, mulai dari depan Gran Hotel hingga ke Pasar Baru,"tutupnya.(***)