PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dari berbagai element masyarakat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Pelalawan, akan melakukan gelar doa bersama mengenang wafatnya almarhum Datuk Sri H Tenas Effendi. Doa bersama akan dilaksanakan di Masjid Besar Al-Muttaqin, Pangkalan Kerinci, Jumat (13/3/2015)

Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Melayu (LKAM) Kabupaten Pelalawan, Nurzepri, Kamis (12/5/2015), menurutnya kegiatan mengenang almarhum H Tenas Effendi, merupakan kerjasama LKAM, Ormas, OKP dan Pemdakab Pelalawan.

"Insya Allah, Pak Bupati Pelalawan, pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau serta pihak keluarga almarhum akan hadir, dalam doa bersama di Masjid Besar Al-Muttaqin Pangkalan Kerinci, besok sekira pukul 08.30 WIB," terang Nurzepri.

Doa bersama ini, kata Nurzepri merupakan bentuk penghargaan masyarakat dan pemeritah daerah kabupaten Pelalawan tehadap jasa dan pengorbanan alhamarhum.

"Selain sebagai tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan, beliau juga dikenal sebagai tokoh adat, bukan hanya di daerah ini, namun Riau. Bahkan jauh sebelum terbentuknya Kabupaten Pelalawan, almarhum sudah dikenal sebagi tokoh adat yang sangat berjasa dalam mendirikan dan mengembangkan lembaga adat di Kabupaten Pelalawan," ungkap Nurzepri.

Jasa-jasa beliau dalam  mengembangkan lembaga adat di kabupaten Pelalawan, sebut Nurzepri, bukan hanya di LKAM Pelalawan, namun juga di Lembaga Adat Petalangan dan Lembaga Adat Pesisir.

"Beliau duduk sebagai Dewan Pembina di ketiga lembaga adat ini. Tentunya kami mengundang seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk hadir dan berdoa bersama mendoakan beliau, besok pagi di Masjid Al-Muttaqin," imbau Sekretaris LKAM Pelalawan Nurzepri.(***)