RENGAT- Ratusan masyarakat Kelurahan Lurah Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu (Inhu) kembali menggalakkan budaya gotong royong. Ratusan masyarakat dari berbagai elemen turun kejalan membersihkan wilayah itu.

"Saat ini, budaya gorong royong yang merupakan budaya bangsa Indonesia itu sudah mulai dilupakan masyarakat. Dan agar budaya peninggalan leluhur itu tidak hilang, maka kita kembali mengajak masyarakat untuk bergotong royong," ujar Lurah Pematang Reba Suta Rama Admaja kepad GoRiau.com, Minggu (29/11/2015).

Disebutkan Suta, awalnya kegiatan gotong royong massal ini direncanakan akan diikuti seluruh masyarakat Kelurahan Pematang Reba dan para pelaku usaha yang ada secara serentak, namun karena cuaca hujan, maka yang melaksanakan gotong royong hanya tim yang telah dibentuk oleh pihak kelurahan.

"Karena cuaca hujan, maka hanya tim yang melaksanakan gotong royong dan tim tersebut dikoordinir lngsung Ketua LPM kelurahan. Kendati demikian, para pemuda dan komunitas motor clasic yang peduli dengan kebersihan lingkungan juga hadir dalam kegiatan sosial itu," jelasnya.

Adapun lokasi yang menjadi perhatian dalam kegiatan gotong royong itu adalah, ruas jalan Pematang Reba-Pekan Heran, Simpang 4 Seminai, Simpang 3 Jalan Purna Wirawan, Simpang 4 Jalan Ahmat Tahar, Jalan Kusuma serta lingkungan terminal Gerbang Sari Pematang Reba.

"Titik-titik tersebut merupakan daerah rawan kecelakaan dan menjadi lokasi pembuangan sampah oleh masyarakat, terutama ditanah-tanah kosong. Dan setelah kita bersihkan, kita langsung memasang himbauan dilarang membuang sampah," tegasnya.

Sedangkan pelaksanaan gotong royong tersebit berakhir dilingkungan Terminal Gerbang Sari. Seluruh tim dikerahkan untuk membersihkan lingkungan terminal.

"Akibat aktifitas terminal tidak aktif, saat ini lingkungan terminal sangat kumuh dan sangat tidak sehat. Maka diakhir pelaksanaan kegiatan ini, kita secara bersama-sama membersihkannya. Dan kedepan, saya akan melakukan pendataan terhadap warga yang saat ini menempati kios-kios yang ada di terminal itu," pungkasnya sambil menyebutkan kegiatan gotong royong ini direncanakan akan menjadi kegiatan bulanan kelurahan.***