RENGAT,GORIAU.COM - Banyaknya keluhan masyarakat terkait sikap arogan PT Bumi Tunggal Mandiri (BTM), ditambah tidak kooperatifnya mereka terhadap Ketua RT setempat saat melakukan pendataan, Lurah Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu (Inhu) Riau Suta Rama Admaja kesal dan datangi kantor perusahaan itu.

Tidak sendirian, Lurah Pematang Reba itu datang kekantor PT BTM yang beralamat di Jalan Jati RT 03 RW 04 tersebut juga melibatkan Bhabinkamtibmas Pematang Reba Bripka Misran, Ketua LPM M Jazuli, Wakil Ketua Karang Taruna Anasrulah dan Ketua RT 03 Susilo, Selasa (30/6/2015) malam tadi.

"Kedatangan saya dan perangkat yang lain guna mengingatkan dan menindak lanjuti laporan Susilo selaku Ketua RT. Dia merasa dilecehkan oleh salah seorang pimpinan diperusahaan yang bernama Uding ketika melakukan pendataan warga baru yang tinggal disitu, ujar Lurah Pematang Reba Rama Suta Admaja kepada GoRiau.Com, Rabu (1/7/2015) di Pematang Reba.

Terlebih sebutkan Suta, sejak awal mereka datang dan masuk ke Kelurahan Pematang Reba, pihak perusahaan itu tidak pernah melaporkan keberadaan mereka. Jangankan ke Kelurahan, melapor ke RT saja tidak pernah. "Begitu juga dengan status rumah yang saat ini mereka tempati. Apakah itu kantor atau rumah tempat tinggal kita juga tidak tahu", tuturnya.

Sesuai ketentuan, setiap warga baru atau tamu, dalam waktu 1X24 jam harus wajib lapor.

Selain itu, di rumah yang ditempati mereka, terdapat 4 orang wanita yang tinggal bersama mereka dalam satu atap tanpa ada ikatan perkawinan yang sah. Ini sudah melanggar norma agama dan adat istiadat melayu.

"Tidak itu saja, beberapa laporan tentang sikap karyawan perusahaan yang arogan saat berkendara juga sering kita terima. Sifat arogan perusahaan pengeboran minyak tersebut sangat kita sayangkan, apa lagi perusahaan ini merupakan perusahaan internasional", pungkasnya tegas.

Menanggapi kedatangan Lurah Pematang Reba dan rombongan, Manager Operasional PT BTM Badianto meminta maaf atas kelakuan para karyawannya itu. Terkait pelaporan data, pihaknya akan sesegera mungkin akan menuntaskan hal itu.

"Nanti akan saya sampaikan kepada bidang humas untuk menuntaskan ini semua", pungkasnya singkat.

(jef)