PEKANBARU, GORIAU.COM - Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DPW Riau akan menggelar uji kompetensi tingkat nasional di Hotel Swiss Bellin Pekanbaru, pada 9-14 Maret 2015 mendatang. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan SDM perusahanan bongkar muat (PBM),

"Peserta dibatasi hanya 80 orang, diikuti PBM se-Indoensia. Kegiatan ini bersertifikat nasional, langsung dikeluarkan oleh badan pengembagan sumber daya manusia Kementerian Perhubungan Dirjen Laut RI," ungkap Ketua DPW APBMI Riau Jony Ahmad Maizainur didampingi Ketua Panitia Diklat Pengembang SDM Kompetensi PBM Ir H Yusrizal, MM, Kamis (26/2).

Dipercayanya DPW APBMI Riau menjadi tuan rumah, kata Jony, merupakan sebuah penghargaan luar biasa. Apalagi ini uji kompetensi angkatan ketiga digelar oleh APBMi tingkat nasional.

"Pertama di Surabaya, kedua di Banjarmasin dan ketiga di Riau, tepatnya di Pekanbaru. Penyelenggaraannya tidak setiap tahun, tapi sesuai kebutuhan," jelasnya.

Tujuan kompetensi hasil kerja sama APBMI dengan Kementerian Perhubungan RI ini adalah upaya menjadikan perusahaan bongkar muat yang profesional, maka PBM harus memiliki kompetensi agar bisa bersaing secara lebih profesional.

"Juga dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asia. Pematerinya dari Kementerian Perhubungan RI," sebutnya.rls