PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Himpunan Mahasiswa Pelalawan (Hipmawan), akan melakukan kegiatan masuk desa. Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras menjadi lokasi tujuan selama tiga hari, mulai 8 sampai 10 Mei mendatang.

Menurut Ketua Hipmawan Abdul Wadud, Selasa (28/4/2015), kegiatan mahasiswa masuk desa yang ditaja Hipmawan merupakan agenda tahunan, bertujuan mengangkat Budaya Petalangan, Kabupaten Pelalawan.

"Sebanyak 80 mahasiswa akan mengikuti kegiatan ini. Untuk kepanitiaan kita bekerjasama dengan BEM UNRI," ungkap Abdul Wadut.

Disebutkannya, kegiatan yang akan dilaksanakan berupa dialog terbuka dengan masyarakat, pemuka adat dan perusahaan. Termasuk gelar seni budaya petalangan, penghijauan, penyemaian bibit ikan di Danau Betung.

"Dalam dialog nanti akan dibicarakan berbagai hal, mulai dari adat, pembangunan dan berbagai persoalan lainya dengan melibatkan beberapa perusahaan," bebernya.

Sedangkan untuk penghijauan, kata Abdul Wadut, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Disshutbun) Pelalawan, sedangkan kegiatan penyemaian ikan akan bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Pelalawan.

"Kegiatan penghijauan ditergetkan 500 bibit tanaman, sedangkan untuk penyemaian perikanan akan disiapkan bibit ikan dari Diskanlut Pelalawan," terangnya.

Ditambahkan, Abdul Wadud, kegiatan kurang lebih sama dengan kegiatan tahun lalu yang digelar di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui.

"Kita berharap semua pihak terutama Pemkab Pelalawan, perusahaan, DPRD, Lembaga Kerapatan Adat Melayu (LKAM) Pelalawan dan Lembaga Adat Petalangan (LAP) agar berpartisipasi dalam kegiatan mahasiswa ini," tukasnya.(***)