PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Beruntung, kebakaran yang diduga terjadi akibat korsleting listrik ini tidak sampai merenggut korban jiwa. Api menghanguskan empat rumah petak yang berada di Jalan Sakura Gang Pak Ute, Pangkalan Kerinci, Rabu (23/7/2014) pagi sekira pukul 03.15 WIB.

Seperti disampaikan oleh Kepala Polsek Pangkalan Kerinci, Kompol Arwin SH, kronologis kejadian menurut keterangan dari saksi yang bernama Andi Atmaja, sekira pukul 03.00 WIB terdengar suara ledakan kuat dari arah depan rumah salah satu rumah petak.

"Karena mendengar suara ledakan itu, kemudian saksi keluar dan melihat api sudah dalam keadaan membesar dan langsung menjalar kesamping, sehingga 3 unit rumah lainnya ikut terbakar,"tuturnya.

Sambungnya, warga sekitar sudah berupaya memadamkan api, namun api yang cukup besar itu tidak berhasil dipadamkan oleh warga. Kebakaran baru dapat dijinakan oleh petugas pemadam kebakaran dari Pemda Pelalawan yang mendatangi lokasi dengan mengerahkan 1 unit mobil pemadam kebakaran sekitar pukul 04.30 WIB.

"Diduga penyebab kebakaran berasal dari arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa, kerugian materi ditaksir sekitar Rp.300 juta,"sebutnya.

Untuk itu, Kapolsek Arwin menghimbau kepada masyarakat yang meninggalkan rumah diingatkan terlebih dahulu memeriksa stop kontak dan mematikan kontak sambungan listrik yang tidak perlu.

"Untuk menghindari korsleting jangan memperbayak jaringan cok listrik yang sudah disiapkan oleh instalasi listrik, waspada bahaya kebakaran lebih baik mencegah sebelum terjadi,"tandasnya.(rkn)