SELATBARU, GORIAU.COM - Sebagai generasi penerus bangsa, nilai-nilai yang telah ditanamkan para pahlawan harus tetap diteladani dan diperjuangkan. Generasi muda harus mewarisi semangat pahlawan bahkan semangat juang mereka harus terus dikobarkan.

''Semangat kepahlawanan harus selalu ada di seluruh hati masyarakat Kabupaten Bengkalis. Terlebih dalam mengisi pembangunan di daerah ini. Keteladanan dan daya juang pahlawan terdahulu patut dan harus ditiru oleh seluruh warga, terutama generasi muda,'' ajak Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, Minggu (21/12/2014) pagi.

Ajakan itu disampaikan Herliyan ketika melepas keberangkatan peserta napak tilas di hari kedua di Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan. Napak Tilas yang diikuti 590 peserta (59 regu) itu, ditaja Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2014.

Di bagian lain Herliyan mengatakan, kegiatan napak tilas memiliki makna dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang mesti diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dapat dan harus menjadi spirit dan roh di pembangunan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Kepada seluruh peserta napak tilas, Herliyan berharap, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, benar-benar dapat dijadikan wadah dalam membangkitkan semangat patriotisme generasi muda dalam mengingat dan mengenang para pahlawan yang sudah berjuang mempertahankan dan mewujudkan kemerdekaan.

''Napak tilas pada hakikatnya untuk menelusuri jejak dan langkah perjuangan para pejuang yang telah berjasa terhadap bangsa dan Negara. Karena itu kegiatan ini harus benar-benar dapat dijadikan salah satu wadah dalam mentransformasi nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial antara generasi pejuang dan generasi muda penerus bangsa,'' harapnya.

Selain camat Bantan Hendrik Dwi Yatmoko, turut mendampingi Herliyan melepas peserta napak tilas di Selatbaru itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan H Arianto, Kepala Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial, H Mukhlis, dan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri. (rls)