RENGAT, GORIAU.COM - Menyambut bulan suci Ramadan 1435 Hijriah, kelompok majelis taklim bersama perkumpulan wirid yasin Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu (Inhu) santuni anak yatim/piatu dan Lansia daerah itu.

Hadir dalam acara itu, selain Kades Desa Tanah Datar, Dwi Rismawati juga hadir Camat Rengat Barat, Nurjanah serta tokoh masyarakat setempat.

Pemberian santunan ini adalah dalam rangka menyambut masuknya bulan Ramadan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, dan ini sudah masuk tahun ke 10, sebut Ketua Umum Kelompok Majelis Taklim Desa Tanah Datar, Sumini kepada GoRiau.Com, Jumat malam (20/6/2014).

Dikatakannya, santunan diberikan kepada 41 anak Yatim dan Piatu serta 36 Lansia yang ada di Desa Tanah Datar. Dengan jumlah Rp 34.494000. ''Untuk Yatim dan Piatu, kita memberikan santunan sebesar Rp. 500 ribu rupiah/orang, sedangkan untuk Lansia sebesar Rp 400 ribu rupiah/orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 28.000.000,'' ujar Sumini yang juga calon anggota DPRD Inhu terpilih periode 2014-2019.

Masih katanya, majelis taklim ini terdiri dari 13 kelompok wirit yasin desa. Sedangkan dana yang kita gunakan untuk memberikan santunan tersebut bersumber dari kas kelompok, iuran sukarela anggota dan sumbangan donatur yang tidak mengikat.

''Ini adalah suatu bukti kekopakan dan kepedulian kita terhadap sesama. Melalui santunan ini diharapkan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang beruntung saat ini dan kelak bisa menjadi amal baik baagi kita semua,'' tukas Sumini.

Camat Rengat Barat, Nurjanah ketika dikonfirmasi setelah pemberian santunan mengatakan, ini adalah kegiatan yang patut untuk dicontoh oleh desa lain. ''Terimakasih kepada masyarakat desa Tanah Datar yang sudah peduli dengan sesama, ini adalah tanggung jawab kita bersama dan diharapkan kedepannya kegiatan sosial seperti ini agar bisa ditingkatkan lagi,'' singkatnya. (jef)