PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Pelalawan akan memvalidasi data masyarakat yang berhak mendapatkan 3 kartu sakti. Hal ini sebagai langkah awal penerapan program 3 kartu sakti yang ditaja Pemerintah Jokowi-JK di Pelalawan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkessos Pelalawan, Drs Fakhrizal, Jumat (27/2/2015). Dikatakannya, dalam memvalidasi data pihaknya melibatkan dinas lain.

"Kita minta data dari dinas terkait langsung diantaranya Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan," katanya.

Dijelaskan Fakhrizal, untuk langkah awal pihaknya hanya memvalidasi data masyarakat yang berhak menerima 3 kartu sakti ini. Nanti dari validasi data itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Provinsi soal program ini.

"Kalau 3 kartu sakti itu sudah dibagi, maka yang membagikan kompensasi dananya yakni Kantor Pos Pangkalan Kerinci. Mungkin polanya sama dengan pembagian Bantuan langsung Tunai (BLT) beberapa waktu lalu," jelasnya.

Jadi secara tehnis, kata Fahrizal, pihaknya belum mengetahui secara persis hal-hal lainnya seperti bentuk pembagian kartu atau hal-hal lainnya.

Karena itu, sambungnya, secara detail pihaknya belum bisa menjelaskan secara gamblang soal penerapan 3 kartu sakti itu yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Yang jelas ketiga kartu itu diberikan pada keluarga tak mampu dengan tujuan kesejahteraan," tandasnya.(***)