SELATPANJANG, GORIAU.COM - Sebagai langkah tanggap darurat bencana di wilayah Kepulauan Meranti, Dinas Sosial tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans), sangat membutuhkan adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Apalagi, mengingat wilayah berpulauan ini merupakan daerah yang cukup sulit dijangkau untuk mengatasi berbagai hal.


Demikian disampaikan Kepala DinasSosnakertrans Kepulauan Meranti, Azmi Ibrahim, melalui Kabid Sosial, M Mahdi, kepada wartawan, baru-baru ini di Selatpanjang. Mahdi mengakui belum adanya BPBD menjadi kesulitan tersendiri bagi pihaknya dalam menanggapi bencana atau musibah yang terjadi di Meranti.
"Kita butuh BPBD. Supaya dapat mendukung pekerjaan kita dalam mengatasi persoalan bencana atau pun musibah," ungkap Mahdi.
Disamping itu, sebutnya, keberadaan BPBD ini juga sangat mempermudah kinerja pemerintah daerah, terlebih soal bantuan sosial bagi yang terkena dampak bencana. Begitu juga bantuan dari pemerintah pusat bisa cepat disalurkan.
"Saya kira kita (Meranti, red) yang belum punya BPBD. Daerah lain sudah punya. Inilah yang perlu segera dibentuk, sehingga mempermudah kinerja pemerintah daerah," sebut Mahdi.***