PEKANBARU, GORIAU.COM - Demi mendukung program pendidikan bagi anak kurang mampu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana menyediakan sekitar 5 ribu sepeda. Wacana tersebut akan direalisasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Provinsi Riau 2014.

Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun, menyampaikan, 5 ribu unit sepeda tersebut baru akan disalurkan untuk Kota Pekanbaru saja, sementara yang lainnya bisa berbentuk dukungan lain.

Pengadaan 5 ribu unit sepeda tersebut sekaligus bentuk partisipasi Pemprov Riau untuk mengurangi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah menggunakan sepeda motor.

Alternatif tersebit diambil mengingat perkembangan murid sekolah saat ini rata-rata sudah tidak bisa dilepaskan dari kendaraan sepeda motor, bahkan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) saja sudah diberikan wewenang menggunakan sepeda motor.

"Masyarakat miskin tidak akan bisa dan mudah mendapatkan sepeda bermotor. Mudah-mudahan dengan program ini, mereka menemukan alternatif yang baik," kata Gubri beberapa waktu lalu.

Gubri menambahkan, kalau bantuan sepeda itu tak hanya sekedar mendukung program sekolah bersepeda yang diwacanakan Pemko Pekanbaru. Bahkan anggaran di Pemprov Riau itu, akan dialihkan ke 12 kabupaten/kota untuk program pembangunan.

"Jadi anggaran yang ada di Pemprov Riau ini, semuanya untuk 12 kabupaten/kota. Ada yang untuk pembangunan jalan, sekolah, rumah layak huni dan rumah sakit. Semua kita berikan secara gratis, hasilnya baru kita serahkan ke masing-masing daerah," tutur Gubri.

Ditambah lagi, akhir-akhir ini sering terlihat balap-balap liar di beberapa titik di Pekanbaru. Bahkan Jalan Diponegoro, dekat kediaman Gubri Annas Maamun juga sering dijadikan ajang balap anak-anak muda.***