SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sedikitnya 33 wartawan berbagai media massa yang bertugas di Kabupaten Siak mengikuti peninjauan lapangan di ladang minyak PT Chevron Pasifik Indonesia, Sabtu (11/10/14) lalu.

Government and Publik Affairs Sumatra PT CPI, Tiva Permata menyebutkan kegiatan ini merupakan kerjasama berkelanjutan antara media massa dengan pihak PT CPI untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan informasi bagi para jurnalis terkait kegiatan operasi bidang perminyakan.Khususnya berkenaan penerapan teknologi perminyakan dalam proses ekspolrasi dan eksploitasi.

"Kita mengajak kawan-kawan jurnalis di Siak, khususnya di PWI untuk mengikuti kunjungan lapangan (field trip) ke wilayah operasi kami di Minas," ujar Tiva didampingi GM PGPA Sumatra, Sainur Arif.

Selain kunjungan ke lapangan, juga dilakukan presentasi tentang eksplorasi dan produksi minyak dan gas serta EOR teknologi sebagaimana yang digunakan CPI dalam eksploitasi.

Ketua PWI Siak Ali Masruri menyebutkan, kegiatan ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan silaturahmi serta wawasan wartawan tentang kegiatan yang dilakukan PT CPI."Kita harap kegiatan ini bermanfaat bagi semua wartawan," ujar Ali.

Kegiatan diskusi tentang pertambangan migas berjalan seru dan terjadi sejumlah pertanyaan dari wartawan. Dua sesi dialog yang disajikan GM PGPA Sumatra, Sainur Arif tentang perkembangan usaha Chevron, dan topik Earth Scientist oleh Budi Agus Suharto, mendapat sambutan hangat peserta.

Bahkan saat tiba di ladang, sejumlah penjelasan tentang proses eksplorasi dan eksploitasi dipaparkan, mulai dari proses pengeboran hingga minyak sampai di tanki penyulingan yang berada di Dumai.(nal)