SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Warga empat desa di Kecamatan Koto Gasib mengaku bosan menunggu janji PT Wahana Subur Sawit Indah (WSSI) untuk melaksanakan program plasma kebun sawit yang tak terealisasi.

 Ketua Koperasi Buatan Makmur Desa Buatan II, Kecamatan Koto Gasib, H Syamsudin, menjelaskan, sejak tahun 2013, PT WSSI sudah menyepakati sebagai bapak angkat untuk program kebun plasma di Desa Buatan I, Desa Buatan II, Desa Rantau Panjang dan Desa Srigemilang seluas 1.596 hektare.

"Kami dari pihak koperasi mendesak perusahan segera secepatnya membangun kebun plasma, sesuai janji yang sudah disepakati di empat desa itu," kata Syamsudin, saat menghadiri hearing antara perwakilan warga dengan pihak perusahaan di DPRD Siak, Rabu (4/3/15).

 Banwas Koperasi Buatan Makmur Syafrizal menambahkan, sejak dilakukan kerjasama tahun 2013 lalu, sampai saat ini janji PT WSSI tak kunjung terealisasi.

"Pada hearing ini, kita berharap anggota Dewan bisa mendesak perusahaan untuk membuktikan janjinya, jangan bohongi masyarakat," ujar Syafrizal.

Menanggapi keluhan warga itu, PT WSSI meminta agar warga empat desa memahami kondisi yang terjadi, sehingga pihak perusahaan belum dapat merealisasikan janji itu.

"Kami perusahaaan minta maaf, kemitraan kerja dengan program plasma sudah sangat terlambat," ujar General Mananager PT WSSI, Tohap Panjaitan di hadapan warga dan anggota Dewan.

Owner PT WSSI, HO Kiarto berjanji untuk segera melaksanakan program plasma dengan empat desa di Kecamatan Koto Gasib awal bulan April 2015 nanti. Keseriusan Kiarto dibuktikan dengan menandatangani pernyataannya itu di hadapan warga dan disaksikan Ketua Komisi II DPRD Siak Syamsurizal yang memimpin hearing.

"Kita berharap janji yang disepakati warga dan owner PT WSSI dapat dilaksanakan. Kalau ternyata PT WSSI ingkar janji, kita akan ajukan ke Pemkab Siak untuk mencabut kerjasama yang pernah dibuat tahun 2013 lalu. Kemudian, kita cari perusahaan lain yang komitmen membantu warga sebagai bapak angkat dalam program plasma ini," pungkas Syamsurizal.(nal)