SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak belum mengetahui isi dari 87 kotak yang dikirim KPU Riau. Sejak kemaren, kotak-kotak tersebut sudah menginap di Sekretariat KPU Siak dan belum ada yang berani untuk membukanya.activate javascript

"Kami belum berani membuka kotak tersebut," ungkap Komisioner KPU Siak Joko Susilo kepada GoRiau.com, Jumat (8/11/2013). Ia menerangkan, kotak tersebut akan dibuka pada 12 November mendatang.

"Yang jelas, isinya surat suaralah untuk putaran kedua," lanjut Joko. Ia berucap demikian, sesuai dengan yang ditempel pada kardus tersebut.

Walau demikian, Joko belum bisa mengetahui jumlah surat suara yang rusak. Namun, dilihat dari kondisi kotak tersebut, kata Joko, semuanya dalam kondisi baik. Tidak ada yang basah ataupun ringsek.

Menurutnya, dalam satu kotak tersebut ada 3.000 surat suara. Dengan demikian, ada sekitar 259.057 lembar surat suara. Hal tersebut berdasarkan DPT Kabupaten Siak dalam Pilgubri putaran kedua. Jika benar dalam satu kotak 3.000 lembar, berarti sesuai dengan DPT Siak," jelasnya.

"Kalaupun ada kerusakan, masih ada cadangan sebanyak 2,5 persen surat suara," lanjutnya. Hal itu sebagai antisipasi jika ada kerusakan terhadap surat suara. Setidaknya, 2,5 persen atau sekitar 6.476 surat suara bisa menutupi kerusakan tersebut.

"Ya, semoga saja isi kotak ini tidak ada yang cacat. Semua baik-baik saja, tidak seperti pada putaran pertama," harap Joko. Total seluruh kotak yang dikirim KPU Riau sebanyak 90 buah.(san)

activate javascript
activate javascript
activate javascript