SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wakil Bupati Siak H Alfedri berharap pengumpulan zakat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sebab potensi zakat di Kabupaten Siak ini mencapai Rp3 miliar per bulannya.

"Harusnya ada peningkatan jumlah zakat setiap tahun, karena potensi zakat di Siak bisa mencapai Rp3 miliar per bulan," kata Alfedri yang juga Ketua Baznas Kabupaten Siak saat menyalurkan zakat harta (mal) pola konsumtif tahap II di Masjid Baitul Mukaram Kampung Belading Kecamatan Sabak Auh, Rabu (1/7/2015) malam.

Disebutkannya, dari tahun 2011 pengumpulan zakat di Kabupaten Siak hanya Rp400 juta lebih, namun selama kepemimpinan Syamsuar-Alfedri sudah bisa dikumpul zakat sebesar Rp5 miliar, terus meningkat hingga tahun 2014 mencapai Rp9 miliar. "Dengan jumlah sebesar itu, kita bisa salurkan sampai ke kampung kampung di seluruh kecamatan di Siak," kata Wabup.

Namun demikian kita berharap agar jumlah muzaki semakin bertambah dan penerima zakat (mustahiq) semakin berkurang. Karena tujuan dari zakat ini adalah dapat meningkatkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Siak H Alfefri menyaluran zakat mal pola konsumtif tahap II di Sabak Auh dan penyerahan bantuan melalui program pemberdayaan masyarakat berbasis pesantren sebesar Rp50 juta. Zakat yang diserahkan kepada 186 fakir miskin masing-masing Rp500 ribu per orang, dengan total Rp96 juta.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Sabah Auh Suparni, Penghulu Belading, Ketua MUI Sabak Auh,  pengurus zakat kecamatan, serta masyarakat Kampung Belading dan sekitarnya.(nal/rls)