SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wakil Bupati Siak H Alfedri mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan di 14 kecamatan di Siak. Salah satu program itu adalah merangkai kampung dengan membangun jalan dan jembatan antar kampung dan kecamatan, sehingga memudahkan masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya.

"Program merangkai kampung ini tetap menjadi prioritas saya dan Pak Syamsuar pada tahun ini. Karena dengan pembangunan jalan dan jembatan, khususnya di pelosok desa sangat membantu perekonomian masyarakat, karena mereka lebih mudah membawa hasil pertanian," kata Alfedri saat menggelar safari Ramadan di Masjid Jami' Nurul Huda Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh, Rabu (1/7/2015) malam.

Ikut hadir Kajari Siak Zainul Arifin, Asisten II Setdakab H Syafrilenti, Camat Sabak Auh Suparni, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Siak, Penghulu Rempak Salman Alfarisi, Kapolsek Sabak Auh, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Kampung Rempak serta Ustad H Fajriansyah Sekjend MUI Provinsi Riau.

Pada kesempatan itu, Alfedri juga memaparkan sejumlah program pembangunan lainnya yang terus dilaksanakan Pemkab Siak. Diantaranya, pembangunan energi listrik, air bersih untuk masyarakat Sabak Auh.

"Kedepan, akan kita bangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Sabak Auh ini, yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Tentu dengan adanya PKS tersebut dapat menekan biaya transportasi. Saat ini kami sedang mengupayakan hal-hal pendukung dalam pembangunan PKS itu," kata Wabup.

Selain itu Alfedri juga memaparkan program wajib belajar 12 tahun, pelayanan kesehatan gratis dan program lainnya yang menyentuh langsung terhadap masyarakat.

"Kita juga berencana membangun sekolah agama/pesantren di setiap kecamatan yang ada di Siak," ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, Alfedri menyerahkan  bantuan sosial kepada masyarakat Sabak Auh, diantaranya sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin, penghargaan untuk ketua RT, RK, Kepala Dusun, Penghulu atas partisipasinya dalam membantu program pemerintah.

Selain itu juga diserahkan bantuan kepada Masjid Al Furqon Kampung Belading dan Masjid Al Hidayah Kampung Selat Guntung  masing-masing Rp25 juta serta Musala Kampung Sungai Tengah Rp10 juta.

Untuk 174 anak yatim masing masing menerima Rp200 ribu per orang dan 20 fakir miskin juga menerima Rp200 ribu per orang.(nal/rls)