SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Siak membuktikan komitmennya untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif dengan membangun Pos Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di seluruh desa dan kelurahan.

"Sampai saat ini, dari 132 desa dan kelurahan, sudah kita bangun 99 pos Babinkamtibmas di Siak. Tahun ini, kita targetkan semua desa dan kelurahan sudah memiliki pos kamtibmas itu," kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi kepada GoRiau.com, Rabu (14/1/15).

Dikatakan Bupati, pembangunan pos Babinkamtibmas dianggarkan melalui dana Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang diberikan kepada desa dan kelurahan sebesar Rp500 juta setiap tahun. Dia berharap, dengan adanya pos Babinkamtibmas diseluruh desa dan kelurahan dapat terciptanya kamtibmas yang kondusif dalam rangka mendukung program pembangunan pemerintah daerah.

"Menciptakan situasi aman dan kondusif juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sama pentingnya dengan masalah kesehatan, pendidikan dan lainnya. Dengan terbentuknya pos Babinkamtibmas, semua tindakan kriminal dan penyakit masyarakat dapat diminimalisir," pungkas Bupati.

Sementara, Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan mengatakan, pihaknya akan menempatkan seorang Bintara disetiap pos Babinkamtibmas.

"Sinergitas yang dilakukan Pemkab Siak dalam membangun pos Babinkamtibmas mampu mengatasi berbagai persoalan hukum di masyarakat. Saya harapkan semua anggota Bintara yang ditempatkan di masing-masing pos Babinkamtibmas dapat berbaur dengan seluruh elemen masyarakat," jelas Kapolres.(nal)