SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dua pebalap Tour de Siak, Jo Radisik dari Team Eddy Holland Australia dan Edi Purnomo dari Team Bumi Siak Pusako mengalami luka serius, setelah menabrak pelajar SD di daerah Perawang. Edi Purnomo harus menjalani operasi di ruang OKA RSUD Siak karena kecelakaan serius di bagian kepala. Sedangkan Jo Radisik dirawat di ruang IGD trouma, karena bagian tangan dan kaki mengalami luka memar dan lecet.

"Ini pebalap dari Eddy Holand, kalau pebalap dari BSP sedang operasi di ruang OKA, nanti digelar konferensi pers dengan dokter yang menanganinya," kata salah seorang pegawai RSUD Siak kepada GoRiau.com, Sabtu (20/9/14).

Terkait insiden kecelakaan pada etape III dengan rute Siak menuju Perawang dan kembali ke Siak dengan jarak tempuh 182.12 kilometer, Direktur Race Tour de Siak, Erwin Anwar membantah kalau kecelakaan terjadi akibat lemahnya pengawasan dari pihak panitia.

Erwin menjelaskan, kecelakaan berawal saat rombongan pebalap memasuki waktu sprin di Jalan Maredan KM 7 Kecamatan Perawang. Saat bersamaan, puluhan pelajar SD berada di jalur lintasan dan berebut ingin melihat balapan. Salah seorang pelajar didorong temannya dari belakang, hingga terjatuh dan masuk jalur lintasan saat rombongan pebalap datang.

"Akibatnya, terjadi insiden kecelakaan, dimana tiga pebalap terjatuh, satu diantaranya bisa lanjutkan perlombaan, dua pebalap dilarikan ke RSUD Siak karena luka serius. Pelajar SD juga luka serius dan dilarikan ke rumah sakit di Pekanbaru," kata Erwin.

Dikatakan Erwin, kecelakaan terjadi akibat antusiasnya masyarakat melihat balapan Tour de Siak. Sehingga, mereka kurang memperhatikan keselamatan, apalagi pelajar SD sering bercanda di jalur balapan, padahal membahayakan keselamatan mereka.

"Ini akibat tingginya antusias warga melihat balapan, sehingga lupa dengan keselamatan. Ini murni insiden yang tak terduga," tutup Erwin. ***