SIAK SRI INDRAPURA, - Bupati Siak H Syamsuar menabur 2.500 ekor benih ikan patin di Sungai Siak tepatnya di Kampung Pinang Sebatang dekat feri penyeberangan Kecamatan Tualang, Minggu (5/6/2016).

"Bibit yang ditabur ini dilakukan tak lain untuk melestarikan jenis ikan di Sungai Siak. Apalagi, umumnya masyarakat Siak juga suka makan ikan," kata Syamsuar, usai menabur benih ikan patin.

Penebaran bibit ini diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan patin di sungai, yang menjadi sumber perekonomian bagi nelayan.

"Kami berharap dengan ditebarkan ikan patin ini, dapat menjadi sumber ekonomi bagi nelayan yang berada di Sungai Siak," katanya.

Dirinya juga berharap masyarakat Kabupaten Siak dapat menjaga kebersihan lingkungan sungai, tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai. "Selain itu tindakan seperti meracuni dan menyetrum sangat tidak baik, karena bisa merusak ekosistem sungai, saya harap ini tidak terjadi lagi," pintanya.

"Karena Kabupaten Siak terkenal dengan ikan patinnya, maka kita sebarkan benih ikan tersebut dan harapannya ikan ini bertambah banyak sekaligus dapat menjaga kelestariannya," katanya.

Syamsuar juga mengharapkan agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikan ikan di perairan sungai yang tersebar. "Siapa lagi kalau bukan kita yang memelihara dan mengembangbiakkan ikan, kalau tidak dari kesadaran masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Turut hadir Kepala dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Susilawati, Camat Tualang Zulkifli, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Bambang Saputra.(rls)